Selain Untuk Menangani Bau Mulut,Obat Kumur Juga Mempunyai Manfaat Yang Lain

June 11, 2016

Berikut adalah Informasi kesehatan yang membahas Cara Hidup Sehat,Tips Kesehatan,Kecantikan
Kesehatan Ibu Dan Anak,Info Sehat Wanita,Berbagai Macam Penyakit,Obat dan Obat Herbal Serta Seputar Kesehatan Keluarga.

Artikel kesehatan kali ini membahas mengenai obat kumur yang mempunyai kegunaan tidak hanya untuk bau mulut,Beragam merk obat kumur memberikan manfaat nyata dalam mencegah bau mulut berkat kemampuannya membunuh bakteri. Bahkan, banyak dokter gigi menyarankan untuk memakai mouthwash secara teratur setelah sikat gigi pagi. Tujuannya agar kesegaran mulut tetap terjaga sepanjang hari sekaligus menjauhkan bau mulut tak sedap. Namun tahukah anda, obat kumur mempunyai efek buruk bagi kesehatan? Yuk, baca ulasan selengkapnya.

Obat kumur umumnya adalah cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan. Penggunaan sebagian obat kumur bertujuan untuk mengurangi bau mulut. Sebagian obat kumur lainnya ditujukan untuk fungsi layaknya air liur, yaitu menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam.

Cara memakai obat kumur yang benar tidak lah semata-mata mengandalkannya tanpa melakukan perawatan gigi. Yang paling utama ialah menyikat gigi secara baik dan benar agar kebersihan mulut terjaga. Perlu dicatat! Fungsi utama menyikat gigi adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel atau tertinggal di sela-sela gigi. Walaupun anda rajin memakai mouthwash setiap hari namun cara menggosok gigi masih salah maka percuma saja.

Bau mulut atau halitosis adalah keluhan yang umum terjadi. Selain dapat disebabkan oleh bakteri, makanan yang tersisa pada sela-sela gigi dan permukaan lidah juga dapat menimbulkan keluhan ini.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa obat kumur dapat menangani bau mulut. Menurut tinjauan tersebut, kandungan zinc dan chlorine dioxide dapat menetralkan bau yang ada, sedangkan kandungan antibakteri chlorhexidine atau cetylpyridinium diperkirakan dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

Selain manfaat menangani bau mulut, ternyata ada banyak manfaat lain dari pada obat kumur, antara lain:
  • Obat kumur dapat juga membantu mencegah penimbunan plak pada gigi.
  • Obat kumur yang mengandung fluoride dapat berperan membantu mengurangi risiko gigi berlubang akibat bakteri dan zat asam, serta menjadikan gigi lebih kuat.
  • Obat kumur  juga dapat digunakan pascaoperasi atau setelah pencabutan gigi.
  • Beberapa jenis obat kumur yang diresepkan dapat digunakan untuk menangani penyakit mulut yang dapat diakibatkan terapi radiasi ataupun kemoterapi.
Banyak obat kumur terutama yang dijual bebas, umumnya bukanlah obat untuk menangani gangguan gigi dan gusi, terutama yang sudah berat. Oleh karenanya, jika Anda mengalami masalah kesehatan semacam ini, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Selain itu, perlu diingat bahwa obat kumur bukanlah pengganti sikat dan pasta gigi karena keduanya tetap berperan penting membersihkan sisa makanan dan bakteri pada gigi anda.
sumber

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar