Pentingnya Nutrisi Omega 3 Bagi Ibu Hamil Dan Bayi

June 27, 2016
Pentingnya Nutrisi Omega 3 Bagi Ibu Hamil Dan Bayi
Informasikesehatan.info-Kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi ibu sekaligus janin yang dikandungnya. Itulah sebabnya berbagai penelitian tentang kebutuhan gizi pada masa kehamilan selalu berkembang berkembang. Di antaranya adalah pentingnya nutrisi Omega 3 baik bagi perkembangan janin yang sehat, serta bagi kesehatan ibu hamil

Omega 3 sendiri merupakan asam lemak rantai panjang tak jenuh ganda, dimana adalah nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan. Sayangnya asam lemak (fatty Acid) omega 3 tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, dan sepenuhnya harus diperoleh dari sumber dari luar yaitu makanan atau suplemen.


Pakar Kesehatan menyatakan bahwa dua jenis asam lemak Omega-3 yang paling banyak manfaatnya adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Meskipun EPA dan DHA secara alami terbuat bersama-sama dan bekerja sama dalam tubuh, studi menunjukkan bahwa setiap asam lemak tersebut memiliki manfaat unik tersendiri. EPA mendukung jantung, sistem kekebalan tubuh, dan respon inflamasi. DHA menunjang fungsi otak, mata, dan sistem saraf pusat yang karena itu penting bagi ibu hamil dan menyusui.

Ibu yang sedang hamil dengan rutin mengkonsumsi asupan omega 3 bisa menurunkan resiko terkena kelahiran prematur dengan sangat signifikan. Selain itu ibu yang banyak menkonsumsi asupan omega 3 selama proses kehamilan juga cenderung melahirkan anak yang tidak terhindar dari resiko terkena penyakit asma.

Omega 3 juga penting untuk perkembangan penglihatan, baik neurologis dan awal bayi,selain memiliki efek positif pada kehamilan itu sendiri. Peningkatan konsumsi EPA dan DHA telah terbukti dapat mencegah bayi lahir prematur, menurunkan risiko terkena pre-eklampsia atau keracunan kehamilan, dan dapat meningkatkan berat badan bayi yang dilahirkan.

Kekurangan Asam lemak Omega-3 juga meningkatkan risiko ibu hamil bias mengalami depresi.Dengan adanya beberapa fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil dan bayi memperbanyak asupan omega 3 demi kesehatan,keselamatan dan perkembangan fisiknya baik untuk dirinya maupun janin yang di kandungnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar