Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengobatinya

June 09, 2016

Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengobatinya-Penyakit angin duduk  ini punya beragam anggapan di kalangan masyarakat kita. Ada yg berasumsi bahwa angin duduk disebabkan karena terlampau banyak duduk dibawah ada pula yg beranggapan bahwa angin duduk menyerang karena angin yang terjebak di dalam tubuh. Itulah persepsi yg simpang siur di kalangan masyarakat di masyarakat.

Angin duduk atau angina adalah suatu kondisi saat penderitanya mengalami nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Terganggunya pasokan darah ini terjadi akibat adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Serangan angin duduk bisa terjadi secara tiba-tiba.

Gejala Angin duduk

Angin duduk merupakan salah satu masalah pada jantung yang disebabkan karena berkurangnya oksigen yang masuk dalam jantung, serta menurunnya aliran darah dalam tubuh. Biasanya untuk penderita akan merasakan sesak pada ulu hati, nyeri, serta bahkan mati rasa waktu terserang angin duduk.

Bahkan lebih parahnya penyakit angin duduk bisa menyebabkan kematian secara mendadak bila tak segera ditangani. Lalu, apakah angin duduk bisa sembuh?

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang dirasa saat terkena penyakit angin duduk, di antaranya : Nyeri pada uluhati (dada), yang kemungkinan bisa menyebar ke lengan kiri, punggung, rahang, serta leher, Sesak napas, Tubuh terasa lelah, Mual, pusing, gelisah dan mengeluarkan keringat berlebih.

Penyebab Angin Duduk

Penyebab terjadinya Angin duduk biasanya terjadi karena berbagai hal berikut ini : Cholesterol tinggi, memiliki penyakit diabetes, hipertensi, stres, obesitas dan akibat merokok, riwayat penyakit turunan, kurang berolahraga serta faktor usia.

Cara Mengobati Angin Duduk:
Angin duduk dengan gejala ringan atau menengah sebenarnya masih bisa ditangani tanpa obat-obatan, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu munculnya angin duduk.Apakah angin duduk bisa disembuhkan? Selanjutnya, apa yang penting dilakukan bila angin duduk tiba-tiba datang menyerang? Berikut adalah langkah mengatasinya.
  • Cara pertama yg bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan minyak angin dibagian perut, pinggang, dada, serta bagian punggung si penderita angin duduk. Selanjutnya tempelkan 2 botol yang diisi air hangat dibagian ulu hati atau di bagian perut depan tempat dimana angin duduk tak bisa keluar. Sedangkan untuk botol yang diisi air hangat yang ke dua ditempatkan pada telapak kaki. Posisi yang pas adalah dengan rebahan supaya tubuh terasa santai.
  • Jika angin di dalam tubuh terus tidak mau keluar juga, pakailah jaket tebal dan hangat serta selimut tebal supaya tubuh mengeluarkan keringat dingin. Lakukan sampai bisa buang angin.
  • Apabila langkah di atas belum bisa sembuh, kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan nitroglycerin. Zat ini memiliki fungsi mengendurkan pembuluh darah serta bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh.
  • Langkah lain yg dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat Antiplatelet (sel pembeku darah) untuk melonggarkan sumbatan. Obat Antiplatelet yg paling murah serta paling mudah dijumpai adalah Aspirin. Selain bisa membantu melonggarkan penyumbatan, aspirin juga bermanfaat serta berfungsi untuk mengatasi nyeri yang terjadi akibat angin duduk.
  • Lalu bagaimana apabila angin duduk belum juga bisa disembuhkan dengan 4 cara di atas? Jika melalui cara di atas belum juga sembuh, maka segeralah bawa kedokter terdekat untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar