Inilah Bahaya Menahan Bersin

June 23, 2016

Informasikesehatan.info-Beberapa orang mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung mereka sehingga keinginan untuk bersin menjadi hilang. Ternyata menahan bersin justru bisa menjadi masalah yang serius jika sering dilakukan.

Kecepatan bersin yang dimiliki manusia adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali.


Menurut dr. Michael Benninger pakar kesehatan mengatakan jika kebanyakan dari orang menahan bersin khususnya saat berada dalam sebuah acara khusus yang melibatkan banyak orang. Alasan utama menahan bersin tentu saja adalah karena rasa malu atau tidak ingin mengagetkan orang lain. Padahal, jika kita menahan bersin, kita akan beresiko mengalami masalah layaknya nyeri akut pada bagian leher, cedera saraf wajah, laring yang mengalami keretakan, atau bahkan yang cukup parah adalah hampir pecahnya gendang telinga hingga retak pada tulang rusuk!

saat kita besin, setidaknya kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dalam kecepatan yang sangat tinggi. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika kekuatan yang dikeluarkan oleh bersin bisa membuat udara terhempas hingga 800 meter! Hal ini berarti, jika kita menahan bersin, kita akan membuat otot-otot dan organ tubuh harus menahan tekanan kekuatan yang sangat bersin. Memang, tubuh kita tidak akan meledak hanya dengan menahan bersin, namun, ada resiko cedera yang bisa menimpa kita jika menahannya. Dan biasanya diikuti oleh keluarnya bakteri atau kuman dari dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karenanya seringkali bersin terjadi secara berulang-ulang.

Jadi jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa risiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain.


Sumber:doktersehat.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar