Kurangi Konsumsi Kopi Saat Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

June 13, 2016
Kurangi Konsumsi Kopi Saat Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan
Berikut adalah Informasi kesehatan tentang Cara Hidup Sehat,TipsKesehatan,Kecantikan,Kesehatan Ibu Dan Anak,Info Sehat Wanita,Berbagai Macam Penyakit,Obat dan Obat Herbal Serta Seputar Kesehatan Keluarga,Simak artikelnya di bawah ini semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan kali ini membahas cara kurangi konsumsi kopi saat berbuka puasa di bulan ramadhan,Bagi penggemar kopi tentu akan menjadi hal yang berbeda saat tidak mengonsumsinya. Apalagi jika memiliki kebiasaan bekerja sambil minum kopi baik pagi, siang ataupun malam. Kopi sudah menjadi semacam penyemangat saat bekerja. Bukan hanya kadar kafeinnya tetapi aroma kopi yang diseduh adakalanya sudah mampu memberikan efek relaksasi maupun efek penyemangat. Lalu bagaimana saat berpuasa? apakah konsumsi kopi boleh dilakukan?

Jika anda terbiasa minum 3 gelas kopi setiap harinya, maka di bulan puasa Ramadhan,ada baiknya  anda bisa menguranginya menjadi dua gelas di beberapa hari awal, lalu menjadi satu gelas diakhir minggu terakhir. selama berpuasa, mulailah mengganti minum kopi anda menjadi kopi rendah kafein atau tanpa kafein.

Dengan perubahan perlahan seperti di atas, anda membiasakan tubuh anda menerima asupan kopi/kafein yang lebih sedikit dari biasanya.

Menikmati kopi selama bulan puasa

Tentu anda masih bisa menikmati kopi selama Bulan Ramadhan. Hanya saja waktunya yang disesuaikan, dan tidak langsung meminumnya begitu ada kesempatan. Berikut ini kami bagikan beberapa tips agar anda tetap dapat menikmati ritual minum kopi anda yang berharga.

Saat buka puasa

Hindari berbuka puasa dengan kopi, karena kafein akan meningkatkan pelepasan asam lambung di perut anda yang masih kosong. Hal ini bisa menyebabkan anda mengalami gangguan pencernaan. Berbuka-lah seperti biasa. Lebih baik lagi jika anda berbuka puasa dengan kurma + air putih/susu. Alternatif lainnya adalah minuman yang manis.

Anda bisa minum kopi setidaknya dua jam setelah menyantap hidangan buka puasa anda. Dengan begitu tubuh anda telah menyesuaikan diri dengan kadar gula dalam darah setelah makan. Selain itu, secangkir kopi membuat anda lebih ‘alert’ dan siap menjalankan ibadah tarawih.

Di malam hari

Jika anda terbiasa minum kopi di malam hari, setidaknya kali ini minumlah kopi rendah/tanpa kafein (decaffeinated coffee). Karena minum kopi terlalu malam bisa mengganggu tidur anda. Kopi tanpa kafein tetap mengandung antioksidan yang pasti dibutuhkan tubuh anda.

Saat sahur
Saat sahur, anda bisa menikmati hidangan secangkir kopi seperti biasa. Jika anda terbiasa minum kopi di pagi hari, maka minum kopi menjelang subuh tentu tidak jauh berbeda. Secangkir kopi menjelang imsak tentu membantu anda tetap terjaga dan berkonsentrasi saat bekerja/melaksanakan aktifitas di siang hari.(webkesehatan.com)

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar