Kena Infeksi Jamur di Selangkangan Begini Cara Mengobatinya

June 28, 2016
Kena Infeksi Jamur di Selangkangan Dan Cara Mengobatinya
Informasikesehatan.info-Kena Infeksi Jamur Di Selangkangan dan Cara Mengobatinya. Seringkali kita jumpai, teman atau saudara saat tertidur tangannya dengan spontan menggaruk selangkangan yang gatal. Tentu hal tersebut menjadi pemandangan yang menggelikan sekaligus menjijikkan. Lalu banyak dari kita yang bertanya apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya?


Area selangkangan merupakan wilayah kulit yang sensitif. Mudah sekali terjadi iritasi atau alergi kulit pada daerah teresebut. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, lama dan bahan yang kurang menyerap keringat. Termasuk penggunaan celana panjang terutama yang berbahan jeans. Apalagi bagi mereka yang senang menggunakan celana ketat. Area lembab seputar selangkangan akan terasa gerah, sehingga memunculkan keringat berlebih. Apabila sekitar wilayah tersebut tidak segera dibersihkan, maka keringat yang keluar akan bercampur bakteri sehingga menjadikan iritasi, berdaki dan berjamur.

Infeksi jamur di selangkangan bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita atau tidak langsung melalui objek yang membawa jamur. Kebanyakan dari mereka yang terkena infeksi jamur di selangkangan bisa langsung mengetahuinya saat kerap timbul rasa gatal dan ruam di lokasi tersebut.

Jika infeksi jamur di selangkangan terjadi pada perempuan, maka berpotensi berkembang menjadi keputihan. Sementara pada pria, infeksi berkemungkinan untuk berkembang di ujung penis, terutama jika belum disunat. Pada kasus yang parah, bisa menimbulkan kondisi tidak nyaman dan mengalami komplikasi, seperti luka terbuka, borok, dan pada beberapa kasus, selulitis.

Cara Alami Mengurangi Gatal di Selangkangan di antaranya :
  1. Gunakan celana dalam yang berbahan dasar katun. Hal ini untuk mengurangi kelembaban daerah selangkangan juga untuk menyerap keringat berlebih. Usahakan berganti celana dalam sehari minimal 2x.
  2. Jangan biasakan menggunakan celana panjang terlalu ketat, apalagi yang berbahan jeans dalam waktu yang lama. Jangan biarkan daerah V menjadi lebih lembab dan lebih panas karena bakteri akan semakin banyak muncul di daerah tersebut.
  3. Jika malam hari usahakan menggunakan celana tidur yang halus dan longgar berbahan katun tanpa menggunakan celana dalam agar sirkulasi udara dan suplay oksigen ke bagian v terpenuhi.
  4. Setelah cebok atau mandi, usahakan daerah selangkangan dibersihkan dengan handuk yang bersih atau tissue sekali buang.
  5. Jangan sering gonta-ganti handuk.
  6. Jangan menggunakan sabun atau dedorant bergantian apalagi pada area selangkangan. Hanya akan memperparah keadaan.
  7. Menggaruk memang nikmat dan menyenangkan, namun garukan akan berubah menjadi sengsara karena hanya akan menjadikan bagian selangkangan iritasi dan menimbulkan luka baru.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar