Lalat Bisa Di Jadikan Pengobatan Penyakit Manusia Di Masa Depan

September 01, 2016
Lalat Bisa Di Jadikan Pengobatan Penyakit Manusia Di Masa Depan
Informasikesehatan.info-Lalat merupakan jenis serangga dari ordo. Perbedaan yang paling jelas antara lalat dan ordo serangga lainnya adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks (kecuali beberapa spesies lalat yang tidak dapat terbang).
Tubuh lalat biasanya pendek dan ramping, telah beradaptasi dengan gerakan udara.Lalat memiliki kepala yang dapat bergerak dengan mata dan sebagian besar memiliki mata majemuk yang besar di sisi kiri dan kanan kepalanya, dengan tiga ocelli kecil di atasnya.

Yang jadi pertanyaannya adalah metabolisme apa sebenarnya yang dimiliki lalat sampai mereka bisa hidup di tempat jorok dan mengandung banyak penyakit?

Seorang peneliti sekaligus ahli serangga dr Jeff Scott dan rekan-rekannya dari Cornell University di New York mencari metabolism yang di miliki lalat yang bisa hidup di tempat yang jorok dan mengandung banyak penyakit. Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Genome Biology ini mengungkapkan tentang genom lalat yang bermanfaat bagi manusia.

dilansir dari laman BBC, para peneliti tersebut mengadakan penelitian terhadap genom lalat dengan membandingkan genom lalat rumah (Musca domestica) dengan lalat buah (Drosophila melanogaster). Dan hasilnya, lalat rumah memiliki sistem imunitas yang lebih baik daripada lalat buah, yang menyebabkan mereka kebal dari penyakit meski hidup di tempat kotor dan jorok.

Meski sering menjadi tersangka utama dalam penyebaran penyakit, namun menurut Prof David Conway dari London School of Hygene & Tropical Medicine mengatakan bahwa lalat rumah bisa dijadikan sebagai kunci untuk pengobatan penyakit manusia di masa depan.

Menurut Prof David Conway beliau berpendapat bahwa “Banyak lagi penelitian tentang lalat yang sangat penting untuk manusia. Dengan meneliti penyebab penyakit, maka diharapkan akan ada penelitian lanjutan yang menggunakan hasil penelitian ini untuk membuat obat berdasarkan genom dan antibodi lalat tersebut,”

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar