Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Yang Sering Di Abaikan

September 09, 2016
Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Yang Sering Di Abaikan
Info Sehat -Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Yang Sering Di Abaikan oleh kita padahal zaman dahulu kala, kehidupan masyarakat lebih sehat dibandingkan sekarang karena orang orang terdahulu banyak memakan sayuran yang masih alami demi menjaga kesehatannya. Terbukti saat ini banyak sekali penyakit berbahaya mulai dari kanker, diabetes, jantung, kolestrol, stroke dan penyakit mematikan lainnya yang menyerang kesehatan seseorang. Berbeda halnya zaman kakek buyut kita terdahulu, dimana penyakit yang sering muncul hanya sebatas penyakit ringan saja mulai dari panu, koreng atau hanya penyakit ringan lainnya saja. Lalu mengapa orang-orang zaman dahulu lebih sehat dan bisa berumur panjang.


Kehidupan zaman dahulu lebih bebas dari stress seperti kehidupan saat ini. Kehidupan kakek buyut kita jauh dari persaingan hidup layaknya kehidupan modern seperti saat ini. Dengan hanya mengandalkan pertanian dan mengkonsumsi hasil bumi seperti sayur mayur, buah-buahan dan umbi-umbian atau bahan makanan lainnya. Berbeda dengan saat ini, modernitas telah merubah segalanya. Tekhnologi yang tidak ramah lingkungan telah menjadikan lahan pertanian berganti dengan perumahan dan perkotaan.
Selain itu, kehidupan modern telah menggiring gaya hidup kita saat ini menjadi bersifat konsumtif dan serba instant. Dimana untuk mendapat makanan saja kita selalu mengabaikan kandungan gizi apalagi sampai kandungan sayuran yang terdapat makanan itu sendiri. Pola makan saat ini lebih cendrung pada makanan yang tidak memiliki serat atau kandungan alami lainnya yang sebenarnya banyak terdapat pada sayuran yang dikelola secara alami tanpa bahan kimia seperti layaknya yang dikonsumsi oleh orang terdahulu.

BACA JUGA: Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Walaupun sayuran saat ini masih banyak kita jumpai, namun pengolahannya berbeda sama sekali. Teknologi tidak ramah lingkungan telah menjadikan tanah tidak bersahabat lagi. Penanaman dan pengolahan sayuran banyak diolah dengan bahan tambahan seperti pestisida dan bahan kimia lainnya. Pada hal kandungan zat gizi sayuran yang alami baik secara ilmiah maupun medis telah diakui bahwa akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia layaknya kehidupan sebelum era modern seperti saat ini. Berikut adalah Manfaat sayuran untuk kesehatan secara alami

Anti Kanker
Sebagai anti kanker sayuran memiliki zat yang dapat menghasilkan enterolacton dan enterodiol sebagai pencegah timbulnya kanker. Selain itu zat pada sayuran seperti kalsium, vitamin, klorofil, lignin, indol dan zat lainnya dapat membentuk system detoksifikasi dalam tubuh sehingga dapat menetralkan zat karsinogen sehingga sel kanker tidak akan berkembang.

Anti Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh penurunan hormone insulin dalam tubuh yang disebabkan oleh kelenjar pancreas tubuh tidak bisa bekerja secara sempurna.Kandungan dalam sayuran yang berfungsi sebagai anti diabetes adalah zat alil propel disulfide, kalium, mangan, sodium sulfur dan pektin. Kurangnya konsumsi sayuran akan menyebabkan berkurang pula zat atau senyawa tersebut. Pada hal senyawa itu dapat meningkatkan metabolism karbohidrat menjadi energy yang dikelola oleh hati sehingga kemudian dapat menurunkan aktivitas gula darah dalam tubuh .

Menunda Penuaan DiniDengan mengkonsumsi sayuran, maka tubuh kita akan mendapatkan zat antioksidan, mineral, pigmen karoten,flavonoid, klorofil dan mangan yang dapat melindungi tubuh dari proses oksidasi sebagai pemicu proses penuaan dini tubuh manusia.

Anti Kolestrol
Zat kholin bitartrate dan asam pantotenat dan serat tinggi pada sayuran dapat mengurangi produksi kolestrol dimana dengan berkurangnya kolestrol ini maka akan dapat mempercepat pembersihan darah dari kolestrol jahat dalam tubuh. Sayuran yang memiliki serat tinggi sebagai anti kolestrol seperti bayam dan buncis.

Pengontrol, Berat Badan
Berat tubuh manusia dapat dikontrol apabila kita mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat, air dan kalori rendah seperti jagung, asparagus, kembang kol dan kubis.

Anti Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah tekanan darah yang melebih batas normal pada seseorang. Pemicunya bisa berasal dari stress, diet yang tidak baik ataupun kurangnya berolahraga.
Dengan kandungan zat sodium yang kaya pada sayuran dapat menstimulir turunnya tekanan darah dalam tubuh. Adapun sayuran yang memiliki zat sodium tinggi adalah, buncis, bawang putih, bawang merah dan asparagus.

Anti Anemia
Anemia adalah salah satu penyakit yang sering dialami kebanyak orang saat ini. Dengan mengkonsumsi sayuran, zat besi, asam folat dan vitamin 12 pada sayuran akan mampu memperbaiki sel darah merah yang rusak apabila pernah terjadi pendarahan pada tubuh. Sel darah yang sehat kemudian akan dapat menghasilkan hemoglobin yang baik pula sehingga tubuh terhindar dari penyakit anemia.

itulah Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Yang Sering Di Abaikan oleh manusia modern sekarang di karenakan makanan cepat saji pada saat ini.yang sebagian orang banyak mengabaikan manfaat dari sayuran yang begitu banyak untuk kesehatan seperti yang di lakukan oleh orang orang terdahulu.
Sumber: www.caramedis.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar