Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

September 06, 2016
Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
Info Sehat -cara cepat menurunkan kolesterol bisa anda lakukan dengan cara yang alami,sebenarnya apasih kolestrol?Kolesterol merupakan sebuah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang dapat ditemukan dalam membran sel.Sebenarnya, kolesterol sendiri diperlukan oleh tubuh untuk membangun dinding sel, dan juga berperan dalam pembuatan hormon.

Akan tetapi, yang jadi permasalahannya adalah kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan dan karenanya Anda harus tahu cara cepat menurunkan kolesterol secara alami agar terhindar dari penyakit. Mereka yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi biasanya timbul dengan gejala-gejala seperti pusing, sering migrain, persendian yang nyeri dan sakit, serta kesemutan. Jika hal ini terus dibiarkan tentu akan semakin parah.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Asma Dengan Bahan Alami

Berikut beberapa cara cepat menurunkan kolesterol tinggi tanpa mengeluarkan biaya mahal:

Mengontrol porsi makan
Jangan makan berlebihan dan konsumsilah makanan dengan porsi yang menyehatkan karena jika berlebihan dapat menaikkan berat badan dan berakibat pada tingginya kolesterol. Ada cara mudah mengontrol porsi makan, yaitu dengan memakai tangan. Maksudnya satu porsi nasi seukuran tangan, satu porsi sayur, buah segar, ikan, dan makanan lain yang pas dengan seukuran telapak tangan Anda untuk mengontrol porsi makan.

Olahraga Teratur
Olahraga sudah jadi rahasia umum untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh! Cukup lakukan olahraga minimal 30 menit selama 5 kali dalam satu minggu, 3 kali seminggu bisa dipakai untuk olahraga berat seperti jogging. Selain itu, olahraga juga membantu Anda menjaga berat badan yang ideal serta mengurangi resiko arteri yang tersumbat. Agar lebih mudah, apalagi bagi pemula, maka Anda tidak perlu langsung olahraga 30 menit. Bisa juga dipecah-pecah bagiannya bertahap menjadi 10 menit.

Kurangi kentang, dan banyak makan kacang
Coba konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti kacang-kacangan atau yang lainnya misal gandum. Makanan ini berguna mengurangi kolesterol sekaligus membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Makanan ini juga lebih sedikit meningkatkan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, makanan semacam kentang, kue kering, dan beras putih dapat meningkatkan kadar gula sangat cepat sehingga membuat Anda lebih cepat lapar, dan akhirnya meningkatkan risiko berat badan berlebih.

Mengkonsumsi makanan laut
Makanan laut seperti ikan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak jenuhnya serta kaya akan omega 3. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Asam lemak omega 3 dapat mengurangi trigliserida serta kolesterol dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Ikan-ikan yang dapat dikonsumsi seperti salmon, sarden, tuna, dan trout. Tetapi jika digoreng akan sedikit mengurangi manfaat kesehatannya.

Hati-hati saat makan di luar
Percuma kalau sudah mengontrol makanan di rumah, tapi saat makan di luar tidak hati-hati. Untuk itu jaga juga makanan Anda jika ingin makan di restoran dan buang jauh-jauh keinginan mengonsumsi makanan cepat saji yang jelas dapat meningkatkan kolesterol. Perhatikan ini!Pilihlah makanan yang jangan digoreng, tetapi lebih baik pilih yang dibakar, dikukus, dan dipanggang atau dioven.

Banyak makan sayur dan buah
Sudah jelas banyak mengonsumsi sayur dan buah akan menurunkan kolesterol. Pilihlah buah-buah yang menyehatkan seperti Alpukat yang kaya akan sumber potassium, serat, folat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K.

Minyak zaitun
Minyak ini berguna untuk cara menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, kaya akan lemak tak jenuh serta antioksidan. Coba diminum 2 sendok makan atau sekitar 23 gram minyak zaitun setiap hari yang bisa dicampur makanan Anda. Tapi ingat! Jangan mengonsumsi berlebih dari yang disarankan karena minyak ini juga mengandung kalori tinggi.Itulah cara menurunkan kolesterol  tinggi yang bisa Anda coba sebagai pola hidup dimulai dari sekarang!
Sumber: www.sikeke.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar