Dampak Negatif Kecanduan Minum Teh

September 29, 2016
Dampak Negatif Kecanduan Minum Teh
Kita ketahui bahwa minum teh banyak manfaatnya tapi ada pula dampak negatifnya apabila kita kecanduan minum teh ,Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah peminum teh. Bisa dilihat sendiri bahwa di setiap warung makan pasti ada teh, di setiap restaurant pasti ada teh, di kebanyakan dapur rumah-rumah pasti ada stok teh.Selama ini teh dipandang sebagai minuman herbal yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Tapi, sesungguhnya ada efek negatif dari teh yang selama ini jarang diketahui. Di balik sejuta manfaat teh yang kita ketahui saat ini, ternyata ada beberapa dampak negatif  kecanduan minum teh itu sendiri.

Memang semua hal yang di lakukan secara berlebihan itu bisa berdampak negatif. Ya, mengkonsumsi teh dalam jumlah berlebihan apalagi sampai kecanduan teh punya efek negatif  bagi kesehatan. Dilansir dari laman segiempat.com inilah dampak negatif kecanduan minum teh di antaranya:

Dapat Memicu Rasa Gelisah
Selain itu kandungan kafein pada teh juga bisa menyebabkan mudah cemas, gelisah, susah tidur dan meningkatkan detak jantung. Jangan salah dalam kondisi tertentu efek tersebut bisa berbahaya.

Membuat Perut Tidak Nyaman
Siapa bilang jika kafein hanya ada di kopi, nyatanya teh juga mengandung kafein di dalamnya. Bahkan kandungan tersebulah yang paling banyak menyebabkan bahaya bagi tubuh jika Anda kecanduan. Kafein dapat memicu tubuh menghasilkan zat asam yang tidak dapat diserap baik oleh tubuh. Jika hal ini terjadi maka perut pun akan terasa tidak nyaman.

Menyebabkan Gangguan Ringan di Kepala
Sakit kepala, susah konsentrasi dan mudah lelah adalah gangguan ringan yang bisa terjadi jika Anda sudah kecanduan teh selama bertahun-tahun.

Menyebabkan Peningkatan Urin
Hasil penelitian menemukan jika teh sebenarnya memiliki kandungan kafein yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan efek diuretik dimana produksi urin meningkat drastis.

Sembelit
Selain kafein teh juga mengandung bahan kimia bernama teolifin, kandungan ini ternyata bisa membahayakan usus sehingga menyebabkan sembelit.

Gagal Ginjal
Jangan salah gagal ginjal juga bisa jadi salah satu efek bahaya jika Anda kecanduan teh selama bertahun-tahun.

Meningkatkan Risiko Kanker Prostat
Untuk Anda yang mulai kecanduan sebaiknya Anda mulai kurangi kebiasaan Anda. Pasalnya dari hasil penelitian, sekitar 50 persen lebih penyuka teh ternyata punya risiko lebih tinggi terjangkit kanker prostat.

Memicu Masalah Kardiovaskular
Bagi penderita gangguan kardiovaskulas maka minuman teh ini adalah minuman yang disarankan agar dapat dihindari karena ternyata teh bisa memicu masalah kardiovaskular yang membahayakan keselamatan Anda.

Meningkatkan Risiko Keguguran bagi Ibu Hamil
Kopi dikhawatirkan bisa menyebabkan keguguran bagi Ibu hamil karena kandungan kafeinnya. Karena teh juga mengandung kafein maka tentu saja minuman yang satu ini juga dapat berisiko keguguran.

Memicu Fluorosis Tulang
Fluorosis tulang merupakan salah satu penyakit tulang yang dapat menyebabkan fluoride berlebihan dan penyakit tersebut bisa disebabkan oleh teh.

Udah tahu kan dampak negatif kecanduan minum teh? Bukan berarti nggak boleh minum teh, tapi kalau kamu rasa sekarang sering banget minum teh, mulai sekarang cobalah kurangi kebiasaan minum teh! Semua demi kesehatanmu. Kesimpulannya adalah: air putih tetap menduduki peringkat pertama sebagai minuman paling sehat dan aman bagi tubuh kita.Baca Juga : Beberapa Manfaat Madu Bagi Kecantikan

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar