Penyakit Radang Tenggorokan Haruskah Diobati dengan Antibiotika?

August 14, 2016
Penyakit Radang Tenggorokan Haruskah Diobati dengan Antibiotika?
Penyakit Radang Tenggorokan Haruskah Diobati dengan Antibiotika?-Radang tenggorokan berarti dinding tenggorokan menebal atau bengkak, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan yang dapat disebabkan karena berbagai faktor. Radang Tenggorokan atau Faringitis (dalam bahasa Latin; pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau faring. Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau kuman, disebabkan daya tahan yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena kuman.


Kadangkala makan makanan yang sehat dengan buah-buahan yang banyak, disertai dengan vitamin bisa menolong. Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Seringkali radang tenggorokan justru terjadi karena adanya virus dimana kita akan mengalami gejala serak, batuk, flu, hingga mata kemerahan. Jika radang tenggorokan disebabkan oleh virus seperti ini, kita bisa dengan mudah melakukan istirahat dengan cukup, banyak meminum air putih, dan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh kembali meningkat. Untuk radang tenggorokan jenis ini, penggunaan antibiotik justru sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan bisa memicu masalah resistensi antibiotik di kemudian hari sehingga kita pun akan lebih kesulitan mengatasi kuman dan bakteri.

Pakar kesehatan bernama dr. Ferry Ferdian Nugraha menyebutkan jika radang tenggorokan atau yang juga disebut sebagai faringitis ini tidak selalu harus diobati dengan antibiotik. Pakar kesehatan sendiri menggolongkan radang tenggorokan berdasarkan oleh penyebabnya. Sebagai contoh, penyebabnya bisa berasal dari virus, jamur, bakteri, atau bahkan bahan kimia tertentu yang membuat iritasi. Dr. Ferry menyebutkan jika antibiotik sebaiknya hanya dipakai pada radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri yang berupa streptokokus beta hemolycitus grup A. jenis radang tenggorokan ini akan membuat rasa nyeri saat menelan dan demam tinggi hingga pembengkakan pada kelenajr getah bening.

Untuk mencegah radang tenggorokan, ada baiknya kita lebih rajin dalam mencuci tangan, sering-sering memakai masker jika di luar rumah, hingga menghindari konsumsi wadah makanan dan minuman yang berpotensi dipergunakan secara bersama-sama.
Sumber:doktersehat.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar