Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

October 07, 2016
Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan
Manfaat daun sirih bagi kesehatan- Daun Sirih merupakan tanaman tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain.di beberapa daerah daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur (nginang). Namun mengunyah sirih banyak di kaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya yang bisa membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.

Manfaat daun sirih bagi kesehatan sangat banyak sekali. Cara mengkonsumsinya pun beragam, ada yang langsung dikunyah, ada juga yang mengkonsumsi hasil dari air rebusannya dan bisa juga di jadikan sebagai obat tradisional.Di lansir dari laman webkesehatan.com Berikut ini beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Melancarkan Pencernaan Dalam Tubuh
Di India, daun sirih digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan dan kembung/perut begah. Cara mengonsumsinya cukup gampang, hanya mengunyah satu helai daunnya saja yang sudah diberi sedikit garam.

Merangsang Produksi ASI untuk Ibu Menyusui
ibu menyusui mengalami masalah pada payudaranya sehingga sedikit menghasilkan air susu ibu (ASI), daun sirih ternyata bisa merangsang payudara memproduksi susu dengan mengoleskan minyak esensial sirih dan daunnya ke payudara.

Mengobati Rasa Sakit Dan Nyeri Pada Tubuh
Daun sirih bisa di gunakan untuk meringankan sakit dan nyeri sendi. Air rebusan sirih yang dicampur dengan minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit punggung dengan cara dioleskan dan dipijat. Kandungan analgesic-nya membantu menghilangkan rasa sakit yang Anda rasakan.

Mengobati Gatal-Gatal
Mandi dengan air rebusan daun sirih yang hangat dipercaya bisa mengobati kulit yang gatal, selain itu aromanya juga menyegarkan dan menenangkan.

Mengobati Demam
Lagi-lagi cara ini datang dari India. Beberapa lembar daun sirih direbus, lalu diberi sedikit merica dan ginseng. Untuk dewasa, minum 2 sendok ramuan tersebut untuk mengobati demam. Sedangkan untuk anak-anak, 1 sendok saja sudah cukup. Selain itu, air sirih yang dicampur minyak kelapa juga bisa untuk dioleskan ke dada untuk melegakan sesak nafas ringan atau pilek.

Menghilangkan Jerawat Pada Wajah
Daun sirih bersifat antiseptik, yang berarti sangat baik untuk membunuh bakteri. Termasuk menghilangkan jerawat. Daun sirih yang sudah dihaluskan diberi sedikit air lalu dioleskan ke jerawat. Biarkan untuk beberapa menit sebelum dibilas. Air rebusan daun siri juga bisa dipakai untuk mandi dan cuci muka, sehingga wajah terhindar dari jerawat dan menyamarkan noda hitam. Langkah ini sebaiknya dilakukan 3 kali sehari.

Menghilangkan Bau Badan Dan Bau Mulut
Meminum air rebusan daun sirih dipercaya orang Indonesia bisa menghilangkan bau badan dan bau mulut, secara umum telah dikenal sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar