Manfaat Bayam Bisa Membuat Tubuh Kuat

October 13, 2016

Manfaat bayam bisa membuat tubuh kuat dimana bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya untuk digunakan untuk sayuran hijau. Tumbuhan bayam ini sendiri berasal dari Amerika tropik namun sekarang ini sudah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan bayam juga telah dikenal sebagai sayuran yang merupakan sumber zat besi penting.

Bayam mengandung berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh oleh karena itu banyak manfaatnya agar tubuh kita menjadi kuat dengan mengkonsumsi bayam. merupakan sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori. Hal tersebut yang menjadikan bahwa bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengkap dan berikut manfaat bayam yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh.

Sebuah Penelitian yang dilakukan di Karolinska Institute, Stockholm, dikutip dari klikdokter.com menyebutkan bahwa kandungan nitrat pada bayam dapat menjadikan otot tubuh menjadi lebih kuat.

Dalam penelitian itu digunakan tikus. Hasilnya, tikus yang telah diberikan nitrat konsisten memiliki otot yang lebih kuat dibandingkan yang tidak.

Jumlah kadar nitrat yang diberikan pada tikus-tikus tersebut sama dengan mengonsumsi 250 gram bayam. Kesimpulannya, kandungan nitrat di dalam bayam dapat membuat tubuh menjadi kuat.

Nitrat sebenarnya mempunyai fungsi untuk meningkatkan dua protein penting yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan melepaskan kalsium di dalam tubuh.

Kalsium itu sendiri mempunyai peranan penting dalam proses kontraksi otot. Nah, saat kedua protein tersebut kadarnya meningkat akibat asupan nitrat, maka akan semakin banyak pula kadar kalsium yang dilepaskan oleh tubuh. Hal ini tentu saja akan membuat kontraksi otot semakin meningkat dan menjadikan otot lebih kuat

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar