Penyebab Dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

May 16, 2016
Penyebab Dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal
Informasikesehatan.info-Penyakit gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali. Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau luka yang berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal sering dialamai mereka yang berusia dewasa atau lanjut usia. Ada dua jenis penyakit gagal ginjal yaitu penyakit gagal ginjal akut dan penyakit gagal ginjal kronik.

Penyakit gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang diderita oleh tubuh yang secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Beberapa penyakit yang sering berdampak pada kerusakan ginjal diantaranya : penyakit tekanan darah tinggi (hypertension), penyakit gula (diabetes mellitus), sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan / striktur), kelainan autoimun misalnya lupus eritematosus sistemik, penyakit kanker (cancer), kelainan ginjal yang disebabkan perkembangan kista (polycystic kidney disease), kehilangan carian secara mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), dll

Gejala penyakit gagal sebenarnya tidak kelihatan secara bersamaan. Dengan pemeriksaan laboratorium, dapat diketahui dengan lebih cermat dan akurat apakah tanda-tanda itu mengarah pada kemungkinan gagal ginjal.
Inilah beberapa tanda atau gejala penyakit gagal ginjal yang perlu Anda waspadai :
  • Kencing terasa kurang dibandingkan dengan kebiasaan sebelumnya.
  • Kencing berubah warna, berbusa, atau sering bangun malam untuk kencing.
  • Sering bengkak di kaki, pergelangan, tangan, dan muka. Antara lain karena ginjal tidak bisa membuang air yang berlebih.
  • Lekas capai atau lemah, akibat kotoran tidak bisa dibuang oleh ginjal.
  • Sesak napas, akibat air mengumpul di paru-paru. Keadaan ini sering disalahartikan sebagai asma atau kegagalan jantung.
  • Napas bau karena adanya kotoran yang mengumpul di rongga mulut.
  • Rasa pegal di punggung.
  • Gatal-gatal, utamanya di kaki.\
  • Kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah.
Penyakit ginjal sering tanpa keluhan sama sekali, tidak jarang seseorang kehilangan 90 persen fungsi ginjalnya tanpa merasakan keluhan. Pasien sebaiknya waspada jika mengalami gejala-gejala seperti: tekanan darah tinggi, perubahan jumlah kencing, ada darah dalam air kencing, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, sesak, dan merasa mual dan muntah.

Setiap orang dapat terkena penyakit ginjal, baik pria maupun wanita, tidak memandang tingkatan ekonomi. Mereka yang disarankan melakukan pemeriksaan dini adalah orang yang memilik faktor risiko tinggi, yakni mereka yang memiliki riwayat darah tinggi di keluarga, diabetes, penyakit jantung, serta ada anggota keluarga yang dinyatakan dokter sakit ginjal.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi ginjal kita. Yang paling umum adalah pemeriksaan urin. Adanya protein atau darah dalam kencing menunjukkan kelainan dari ginjal.Selain itu, kita juga bisa melakukan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar kreatinin dan urea dalam darah. Jika ginjal tidak bekerja, kadar kedua zat itu akan meningkat dalam darah.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar