Dampak Buruk Apabila Tubuh Anda Kekurangan Protein

May 11, 2016
Dampak Buruk Apabila Tubuh Anda Kekurangan Protein
Informasi Kesehatan.info-Protein merupakan salah satu zat yang sangat di butuhkan tubuh dan mempunyai manfaat besar bagi sistem tubuh anda untuk perkembangan setiap sel di dalam tubuh,karena Protein merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).bagaimana bila tubuh kita kekurangan Protein? Seperti di kutip dari halaman womenshealth.co.id.apabila Tubuh kita kekurangan protein inilah yang terjadi:

Kwasiokor
Kekurangan protein pada anak. Ditandai oleh pembesaran hati, perut buncit, rambut rontok, dan inflamasi kulit. Juga dapat mempengaruhi perkembangan mental dan fisik anak.

Marasmus
Menimbulkan kelelahan, penyusutan otot, penurunan lemak tubuh, kehabisan enerji, dan penurunan berat badan. Juga mempengaruhi sistem imunitas, sehingga tubuh mudah terkena penyakit.

Gangguan kesehatan mental
Pada anak dapat mengakibatkan kemunduran mental, kecemasan, rewel, dan depresi.

Edema
Kurang asupan protein dapat mengakibatkan penumpukan cairan, sehingga beberapa bagian tubuh, seperti tangan, kaki, dan perut membengkak. Juga dapat mengakibatkan rasa nyeri pada kaki dan tangan, tekanan darah tinggi, dan kaku persendian.

Gagal organ
Protein diperlukan untuk mereproduksi dan memperbaiki sel tubuh. Kekurangan asupan protein dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kerusakan fungsi organ tubuh.

Kehilangan atau penyusutan jaringan otot
Saat kekurangan protein, tubuh akan mencarinya dari sumber lain. Sumber pertama yang ‘didatangi’ adalah otot. Otomatis bila defisiensi protein berlangsung lama, otot akan mengalami penyusutan dan melemah.

Sistem imunitas lemah
Kekurangan protein mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi cukup antibodi, sehingga sistem kekebalan melemah.

Walaupun Protein sangat di perlukan oleh tubuh anda,janganlah konsumsi protein yang terlalu tinggi karena  bisa menyebabkan peningkatan sumber lemak terutama protein yang bersumber dari hewan,Hal ini terjadi karena protein dari hewan bisa menjadi sumber lemak dan meningkatkan jumlah kolesterol dan Asam urat terpengaruh oleh jumlah kolesterol yang tinggi sehingga terlihat seperti penyakit komplikasi.Konsumsilah protein yang seimbang untuk tubuh menjadi pola konsumsi nutrisi yang seimbang. Anda bisa membuat jadwal khusus untuk mengukur jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga keseimbangan protein sebaiknya kita mengkonsumsi protein dari hewan maupun tumbuhan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar