Inilah Penyebab Dari Kram Otot

July 24, 2016
Inilah Penyebab Dari Kram Otot
Informasikesehatan.info-Kram otot adalah nyeri yang diakibatkan oleh konstraksi terus menerus yang dialami oleh otot atau kelompok otot. Kram otot ini dapat mengenai semua jenis otot, terutama pada otot-otot besar seperti perut, kaki dan tangan.

Nyeri akibat kram otot dapat berlangsung selama beberapa detik hingga menit dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Daerah yang paling sering terkena kram otot biasanya adalah otot betis bagian bawah dan otot belakang lutut.


Inilah penyebab kram otot paling sering dari munculnya kram otot adalah kondisi tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan? Pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh tidak memiliki kadar cairan yang cukup saat beraktifitas atau berolahraga yang bisa membuat kita mengeluarkan keringat dengan jumlah yang banyak, maka kita akan berpotensi besar menyebabkan kram otot. Hal ini karena kita akan mengalami ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh dan pada akhirnya membuat otot bisa terkena kram.

Selain kekurangan cairan tubuh, jika kita kekurangan asupan vitamin B12, kita juga akan dengan mudah mengalami kram otot saat beraktifitas atau berolahraga. Tubuh yang kekurangan vitamin B12 akan cenderung membuat pasokan oksigen ke berbagai bagian tubuh menurun dengan drastis dan hal ini bisa berpengaruh besar pada kinerja otot. Selain itu, mereka yang kekurangan asupan kalium dan para penderita anemia juga akan cenderung mudah mengalami kram otot.

Penyakit hipoksia juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah dan pada akhirnya bisa menyebabkan kram otot yang uniknya bisa terjadi di tengah-tengah tidur malam. Pakar kesehatan pun menyarankan para penderita hipoksia yang mengalami kram otot untuk mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan air hangat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar