Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Melilit

July 28, 2016
Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Melilit
Informasikesehatan.info-Sakit perut melilit datang tidak bisa dipastikan, terkadang hilang dan timbul begitu saja tanpa kita inginkan. Kondisi perut kembung membuat kita tidak nyaman karena perut seperti terisi penuh dengan angin. Gejala yang biasa dialami yaitu perut keras terasa kenyang, napas sesak diiringi dengan buang angin (kentut) dan bersendawa.Disaat perut kita kembung angin yang berada didalam perut menimbulkan bunyi terkadang membuat rasa malu jika berada ditempat umum karena orang lain ikut mendengarkan konser perut.

Sakit perut melilit ini biasanya disertai dengan diare ketika buang air besar kotoran(tinja) berlendir membuat kita sering keluar masuk wc memang sangat merepotkan jika tidak cepat diatasi. Yang harus diwaspadai jika gejalanya sudah mengkhawatirkan seperti pada saat buang air besar tahi (tinja) terdapat lendir, darah dan makanan yang kita makan tetap utuh/tidak hancur. Terkadang sakit perut ini membuat tubuh panas (demam)

Tiap orang memiliki teknik yang berbeda-beda dalam mengatasi sakit perut melilit. Hati-hati, satu cara yang berhasil pada satu orang belum berarti efektif untuk orang lain. Lalu bagaimana cara yang paling aman untuk mengatasi perut melilit? Bahan-bahan alami di bawah ini mungkin bisa dijadikan rujukan yang tepat.


Jahe
Menurut penelitian, jahe merupakan salah satu hasil bumi alami yang memiliki potensi untuk mengatasi beberapa jenis sakit perut. Rempah-rempah yang sudah sejak jaman kuno dijadikan penangkal mual ini mengandung anti peradangan alami. Dalam hal ini untuk mengatasi sakit perut, cukup dengan mengunyah sedikit jahe atau memasukkan beberapa potong jahe segar ke secangkir teh hangat. Saat ini, banyak produk suplemen yang mengandung jahe sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

Daun mint

Bahan lain yang juga memiliki kemungkinan besar yang dapat digunakan untuk meredakan sakit perut adalah daun mint. Kandungan mentol pada daun ini berperan sebagai analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa perih di perut dan mengurangi mual. Untuk tujuan meredakan sakit perut melilit, cukup dengan meminum daun mint yang diseduh dengan air putih hangat atau teh hangat. Produk teh mint instan juga sama efektifnya. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisap permen mint atau mengunyah daun mint secara langsung.

Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa menetralkan sakit perut. Jika tidak menyukai rasa asamnya yang terlalu kuat, campurkan dengan air putih dan satu sendok teh madu, minum secara perlahan-lahan. Kemungkinan cuka sari apel bisa menyembuhkan sakit perut karena mampu mengatasi kondisi kelebihan pati (karbohidrat kompleks yang tidak larut dengan air) dan membantu proses pencernaannya. Hal ini memungkinkan pati lebih cepat sampai ke usus sekaligus menjaga keberadaan bakteri sehat di dalam usus.

Diet BRAT

Selama ini, banyak orang tua yang mengenalkan bayinya dengan makanan padat seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang – dalam bahasa Inggris dikenal dengan diet banana, rice, apple sauce, toast (BRAT). Diet empat sumber makanan tersebut berguna membantu menenangkan sakit perut, baik karena mual maupun diare.

Makanan-makanan di atas memang mengandung rendah serat, namun kaya zat pengikat. Keuntungan dari diet BRAT adalah tidak adanya kandungan garam. Diet ini memang terasa hambar, namun akan sangat berguna ketika seseorang mengalami sakit perut, termasuk perut melilit, namun masih harus makan.

Akan tetapi jika sakit perut masih saja terjadi lebih baik anda berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui secara pasti sakit perut apa yang sedang anda alami.Terutama jika terjadi secara berkepanjangan meski sudah melakukan langkah-langkah penanganan.
Sumber:alodokter.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar